Jumat, 27 September 2013

Menuliskan Pengalaman Di Tempat (PRAKERIN)

Menuliskan Pengalaman Yang Mengesankan

    Assalamualaikum.wr.wb

   
Nama saya Marliyana,  teman-teman terbiasa memanggilku dengan panggilan Lia. Saya seorang pelajar di SMK Negeri 1 Bungku Barat , Di Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Ok langsung saja, saya akan menceritakan pengalamanku selama melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri), PRAKERIN adalah salah satu kegiatan wajib untuk seluruh siswa SMK di Indonesia.Yang wajib melaksanakan Praktek kerja industry sebagai salah satu syarat untuk mengikuti final ujian nasional.
      Setelah lama saya nantikan bagaimana rasanya di tempat (PRAKERIN) akhirnya kesampaian juga,Sempat deg..deg.n sich tapi setelah terjun langsung di dunia industri baru deh ngerasain namanya prakerin.Tidak susah di bayangkan tapi agak malu di lakukan.tapi akhirnya harus saya lalui dengan semangat bersama teman-teman.


      Pada tanggal 02-Juli 2013 hari pertama kami masuk di tempat prakerin,di Studio Multimedia Fakultas Teknik Makassar yang di pimpini oleh Bpk Amir Ali,S.T.MT. Dan kami mendapatkan pembimbing yang baik hati yang bernama 1. Kak Abu Rizal dan 2. Kak Firman.Pertama-tama saya mengucapkan terimakasih kepada Bpk Amir Ali,S.T.MT.dan pembimbing-pembimbing kami yang telah membantu kami dan setia mengajari kami selama kurang lebih 3 bulan di tempat prakerin.
      Hari pertama kita masuk belajar menginstal padahal tidak tau saya dan tidak pernah di kakukan sama sekali apa itu menginstal tapi dengan panduan dari pembimbing saya alhamdulilah sedikit mengerti walau agak lupa-lupa ingat.setelah beberapa hari kami menginstal PC kami mulai masuk materi yang di berikan kepada kak Abu Rizal (kak ical) dan kak Firman tentang Membuat IP dan shering data pusiing...juga sich soalnya tidak pernah belajar itu sich,,!!!tapi semuanya bisa di lalui dan sedikit masuk di fikiran sdikit aj boleh kan dari pada tidak sama sekali.
      Hari demi hari kami lalui dengan penuh semangat,,Biasanya kami tunggu pembimbing kami datang ya sdikit membosankan sih tapi seru juga bisa liat-liat suasananya di Universitas Negeri Makassar sambil cuci mata gituuu.....Dan akhirnya waktu yang kami tunggu datang juga yaitu kakak pembimbing kami datang,,setelah leb di buka kami belajar tapi seblum belajar alangkah indahnya kita bersih-bersih ruangan.Nahhh...mulai dech belajar salah satunya yaitu Pengenalan TCP IP ini yang buat saya binggung dan pusing mikirinnya,,Apalagi setelah selesai materi kami di tanya satu-persatu tentang materi yang di ajarkan tadi aduhhh deg-dean rasanya tapi biasanya supaya kami tidak muka-muka tegang kakak pembimbing kami selalu buat lucu-lucu yahhh istilahnya merefresh gitu.Dan saya banyak mendapatkan pengalaman baru,Mulai dari,Menginstal aplikasi,Membuat IP dan Shering data,Merakit CPU,Mengistal sistem operasi,Cra memasang kabel konektor,Membuat web wordpress,dan yang terakhir membuat blog ini.

     Bulan pertama,kedua,dan ketiga akhirnya waktu sesingkat ini kami lalui,Dan masa-masa PKL di sana pun berakhir,, pada hari terakhir PKL ada Pengalaman yang mengesankan yaitu PERPISAHAN dengan orang-orang disana yang akan terkenang selalu. dan pada saat itu ada seremonial kecil-kecilan walau diselingi canda tapi itu berkesan dan membuat terharu hingga tidah bisa mengeluarkan kata. hanya bisa mengucapkan kata terima kasih...

" Saya tidak bisa memberikan apapun untuk yang ada di Studio Multimedia Fakultas Teknik Negeri Makassar saya hanya bisa mengucapkan banyak terimakasih atas pengalaman dan bimbingan selama PKL di sana . Semoga Bisa membawa pengalaman saya ini untuk saya memasuki dunia Kerja nanti."




     

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar